Cara Gampang Menyiapkan Roti Burger Mini Anti Gagal

Roti Burger Mini

Lagi mencari ide Langkah Mudah untuk Menyiapkan Roti Burger Mini, Enak yang unik?, Resep Roti Burger Mini yang Enak memang sekarang ini sedang banyak dicari oleh pengguna disekitar kita mungkin salah satunya Anda. orang-orang memang sudah terbiasa mamnfaatkan internet di ponsel untuk melihat informasi gambar untuk dijadikan ide. nah kali ini saya akan sharing panduan cara memasak Cara Gampang Membuat Roti Burger Mini Anti Gagal untuk menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal Roti Burger Mini yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Roti Burger Mini, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan Roti Burger Mini yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial. Selanjutnya adalah gambar berkaitan dengan Roti Burger Mini yang dapat kamu jadikan wawasan.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Roti Burger Mini adalah 15 buah@50 gram. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah Roti Burger Mini yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Roti Burger Mini memakai 10 bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Sebenarnya mau burger ukuran besar atau mini ya pake adonannya tetap sama ya..hihi. Ceritanya di rumah hanya ada stok tepung terigu serbaguna, tapi saya kepengen banget bikin roti. Ubek-ubek resep ketemu channel Nikmatul Rosidah di youtube, empunya resep ini. Lalu di CP Bunda Ei pernah share juga. Maka saya cookmark resepnya, dan sekarang saya simpan di sini. Hasil roti empuk dan kokoh ya, cocok dijadikan roti burger. Kalo dibelah tidak menghasilkan remah. Dan, meski hanya menggunakan tepung pro sedang tapi hasil roti cukup mengembang. Saya puas 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Roti Burger Mini:

  1. 450 gram tepung segitiga biru (jangan cakra ya)
  2. 7 gram ragi instan (saya Saf 2 1/2 sdt)
  3. 240 ml air hangat suam-suam kuku
  4. 1 butir telur, kocok lepas
  5. 30 gram gula pasir (saya 35 gr)
  6. 40 gram mentega suhu ruang
  7. 1/2 sdt garam
  8. 2 gr bread improver (tambahan saya, boleh skip)
  9. Bahan taburan:
  10. Biji wijen, sangrai sebentar (saya skip, ngga punya)

Langkah-langkah untuk membuat Roti Burger Mini

  1. Cara membuat di sini versi saya ya. Jadi, bikin roti itu ada bermacam cara. Nah, temen-temen bisa pilih ikut cara saya atau Bunda Ei. Sama aja hasil akhirnya 😀
  2. Pertama, kita aktifkan dulu ragi. Ambil sekitar 80 ml air hangat kuku, letakkan di gelas. Tambahkan 1 sdt gula pasir dan ragi. Aduk-aduk tunggu berbuih banyak sekitar 5-10 menit.
  3. Tips: cara mendapatkan suhu yg tepat adalah dengan menyentuhkan bagian ujung kuku kelingking ke permukaan air. Suhunya harus hangat dan nyaman di jari, jika terlalu panas, ragi akan mati. Jika terlalu dingin ragi akan "tidur" alias tidak bekerja.
  4. Siapkan tepung yang sudah diayak ke dalam baskom. Tambahkan gula pasir dan garam. Masukkan mentega, remas-remas hingga rata, lalu masukkan kocokan telur. Remas-remas lagi hingga rata. Tuang ragi yang sudah diaktifkan (semua termasuk buih-buihnya) dan remas-remas dengan tangan.
  5. Tuang sisa air ke dalam adonan secara bertahap, sambil diuleni pelan-pelan. Masukkan air secukupnya saja (tidak perlu semua) sampai tercapai adonan yang cukup moist dan lentur. Saya menguleni dengan tangan sekitar 15 menit. Ulen santai sih...ngga terlalu make tenaga 😁 sambil sesekali dibanting biar cepet kalis...hihi.
  6. Menurut resep adonan ini cukup diulen sebentar hanya untuk meratakan saja. Adonan tidak perlu kalis elastis. Cukup hingga lemas & lentur. Jika agak lengket, lumuri dengan tepung dikit-dikit aja.
  7. Setelah itu diamkan adonan sekitar 30-60 menit hingga mengembang dua kali lipat. Tutupi dengan serbet lembab atau plastic wrap. Saya oles permukaannya dengan minyak goreng tipis-tipis agar tidak kering.
  8. Setelah mengembang, ulen kembali adonan sampai seluruh gasnya habis. Lalu saya gilas 3x. Fungsinya agar mendapatkan roti yang berserat bagus.
  9. Bagi adonan sesuai selera. Untuk burger bun sekitar 80 gram. Untuk mini bun seperti saya cukup 50 gram masing-masing.
  10. Bulatkan hingga rata dan letakkan dalam loyang yang dialasi baking paper atau dioles carlo. Diamkan lagi hingga mengembang sekitar 30 menit.
  11. Sekitar sepuluh menit menjelang proofing kedua berakhir, panaskan oven. Saya oven listrik, 180°C, api atas bawah, rak paling bawah.
  12. Sebelum masuk oven, olesi dulu permukaan adonan dengan susu cair+kuning telur dan taburi wijen. (Kalo saya, hanya oles susu cair, kurang suka dengan bau telur)
  13. Panggang hingga matang. Hati-hati, terlalu lama rotinya jadi keras. Seperti punya saya yang agak alot ini...untung kloter selanjutnya aman 😉
  14. Segera oles roti yang baru keluar dari oven dengan butter/margarin agar lembab. Biarkan dingin, lalu bungkus rapat dalam plastik. Menurut empunya resep roti ini bisa tahan hingga 3 hari asal cara penyimpanannya benar.

Terima kasih telah menyimak resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Roti Burger Mini yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel